Sabtu, 04 Desember 2010

Yuk Mencari Peruntungan di Belanda!

*ini aku ambi dari jong indonesia (http://majalah.ppibelanda.org/?p=451)*

Study di Belanda merupakan impian banyak orang. Beribu-ribu orang dari pelosok daerah di Indonesia berlomba-lomba merebutkan beasiswa untuk bisa belajar di negeri kincir angin ini. Tidak hanya beasiswa dari STUNED, tetapi juga dari Ford Foundation, NFP, Depkominfo dan lainnya turut mendukung untuk meningkatkan taraf pendidikan bangsa. Setelah perjuangan agar dapat menempuh study di Belanda tercapai, maka perjuangan lainnya menanti. Kehidupan yang sebenarnya dimulai selepas kita menyelesaikan kuliah. Ada yang pulang dan kembali ke pekerjaan lamanya, ada pula yang mulai mencari pekerjaan baru di Indonesia, serta
ada yang mencoba peruntungan di luar negeri. Berikut ini uraian pengalaman beberapa teman JI yang mencoba peruntungannya di Belanda.

Tertantang menguji peruntungan di Belanda? Beruntunglah bagi para intelek muda yang berkesempatan menyelesaikan pendidikannya dibawah naungan lembaga pendidikan Belanda. Jika anda tertantang untuk menguji peruntungan di Belanda, maka anda wajib mengetahui segala macam prosedural pengurusan zoekjaar verblijfsvergunningen. Berbekal zoekjaar verblijfsvergunningen alias search year residence permit kesempatan meniti karir itu pun terbuka. Zoekjaar verblijfsvergunningen adalah visa ijin tinggal 1 tahun yang diberikan oleh pemerintah Belanda kepada mahasiswa internasional yang berhasil menamatkan pendidikannya di Belanda dengan ditandai tanda bukti kelulusan. Setelah memperoleh zoekjaar verblijfsvergunningen, kini status anda berubah menjadi pelamar pekerjaan. Seandainya dalam tenggang waktu satu tahun ini anda berhasil mendapatkan kerja maka perusahaan atau pemberi kerja tersebut wajib merubah ijin tinggal anda menjadi kennismigrant verblijfsvergunningen alias high-skilled migrant residence permit. Tertarik mengetahui bagaimana prosedural pengurusan ijin tinggal pasca kelulusan? Silahkan melihat informasi syarat lengkap, biaya, dan ketentuan mengurus aplikasi tersebut di situs kantor imigrasi Belanda: www.ind.nl

Zoekjaar verblijfsvergunningen bukanlah jaminan untuk mendapatkan pekerjaan. Mencari kerja di Belanda bukanlah hal yang mudah. Terlebih saat ini Belanda turut mengalami krisis finansial. Kondisi ini pun berdampak ke menyusutnya peluang kerja. Jangankan peluang kerja bagi para pendatang, penduduk asli Belanda pun mengalaminya. Wajar jika kemudian keleluasaan memperoleh peruntungan semakin berkurang. Meski demikian, mulai tahun 2010 ini beberapa perusahaan mulai menata ulang anggaran ekonomi mereka dan perlahan-lahan membuka lowongan kerja, baik bagi warga negara Belanda asli maupun para pendatang.

Lalu sejauh manakah daya saing lulusan Indonesia dibandingkan dengan lulusan dari Negara Belanda sendiri dan lulusan Negara lainnya? Berbicara masalah kualitas dan kemampuan, para lulusan dari Indonesia mungkin tidak berbeda dengan para lulusan dari negara manapun, tetapi masalah ‘bahasa’ mungkin lebih menjadi masalah utama disini. Tiga bahasa utama yang digunakan disini adalah bahasa Belanda, Inggris dan Perancis. Tidak menutup kemungkinan bahasa Jerman dan Spanyol yang juga cukup dipakai. Para lulusan dari Indonesia yang memiliki bahasa Indonesia sebagai bahasa ibu (mother tongue) harus bersaing dengan para native speaker yang berasal dari Inggris, Amerika, Australia, Perancis, Belgia, dan sebagainya. Wajar jika kemudian para lulusan dianjurkan agar kerja ekstra demi kemampuan berbahasa dan tidak hanya satu bahasa internasional tetapi bila mungkin dua atau lebih. “Selain memperdalam bahasa Inggris, saya harus kursus bahasa Belanda juga dan bukan hanya percakapan tetapi struktur bahasa secara formal dan sebagainya. Setelah belajar bahasa Belanda mungkin saya akan ambil kursus Perancis,” kata Yasmine Soraya lulusan Hukum Perburuhan Internasional Universitas Tilburg yang telah menjadi penduduk di Belanda. “Karena, lapangan kerja yang sesuai dengan jurusan studi saya menuntut agar saya berbahasa Belanda. Ada yang hanya menggunakan bahasa Inggris saja tetapi itupun yang paling dekat di Brussel, Belgia,” tambahnya. “Maka dari itu, sekarang saya fokus belajar bahasa Belanda dan tetap mencoba mencari pekerjaan. Selebihnya saya menulis dan mengerjakan riset untuk program PhD saya. Tetapi kendala lainnya adalah usia saya terus bertambah dan saya bersaing dengan yang muda-muda yang notabene pemberi kerja akan memberi kesempatan lebih besar kepada mereka karena range gajinya lebih murah sesuai undang-undang disini. Maka, saya perlu untuk memaksimalkan usaha saya berbahasa dan mencari kerja dari sekarang,” imbuhnya. Lain lagi dengan pengalaman Yessa Arthur, alumni Universitas Tilburg jurusan Investment Analysist. Ia menekankan bahwa mencari kerja dimana-mana sama saja sulitnya. Ia mencoba mencari kerja melalui internet dan dari acara-acara jobfair yang diadakan di kampus selain itu ia juga mendaftar pada beberapa headhunter untuk memperluas jaringan.

I had several interviews and tests. Jadi kalau masalah prosedur tidak jauh berbeda dengan yang ada di Indonesia. Mungkin kesulitan yang ada adalah bagaimana cara meyakinkan employer kalau kita worth it mampu dan berhak untuk mendapatkan pekerjaan itu, karena setahu saya butuh effort lebih untuk hire international worker, apalagi dari negara seperti Indonesia,” katanya. “Kalau bicara tips, mungkin yang bisa saya share adalah be brave and confident, even if you aren’t. Kadang-kadang saya merasa minder dengan job responsibilities, tapi sebenernya sih sama saja dengan di Indonesia,” tambahnya.

Beda jurusan beda pula lapangan kerjanya dan kesempatannya. Pengalaman Stevia Sutanto, alumni TU Delft. Saat ini ia adalah mahasiswi Phd. Phd termasuk dalam lingkup pekerjaan di Belanda. Mahasiswa/i program Phd biasanya digaji dan termasuk sebagai researcher. “Setelah lulus program master lalu saya mendaftar lowongan kerja sebagai Phd student dan saya diterima,”katanya.“Saya bekerja sebagai peneliti di bidang teknologi proses. Tentu saja sewaktu mendaftar saya harus bersaing dengan pendaftar lainnya dari berbagai negara. Ada dua sesi wawancara yang harus saya ikuti: dengan profesor pembimbing utama dan dengan perusahaan atau organisasi yang membiayai proyek saya. Hasil master thesis saya yang dipublikasikan di salah satu jurnal sangat membantu saya memperoleh posisi ini.” tambahnya.”Sejauh ini saya menikmati pekerjaan saya. Terutama karena jadwal kerja yang fleksibel dan kesempatan untuk mengikuti konferensi dan pelatihan di dalam dan luar negeri. Yang sulit adalah membagi waktu untuk pekerjaan dan kehidupan sosial, terutama jika sedang dikejar deadline. Untungnya lingkungan kerja saya sangat akrab dan menyenangkan sehingga kolega-kolega saya adalah juga teman-teman saya. Menurut saya, relasi yang baik dengan kolega dan pembimbing adalah salah satu kunci penting di balik suksesnya PhD.”

Batu Loncatan melalui Magang

Kurikulum pendidikan tinggi Belanda menerapkan program kerja magang di perusahaan atau yang disebut internship dalam waktu yang bervariasi 3 sampai 6 bulan. Untuk yang berkuliah program bachelor, kerja magang ini biasanya dilakukan di tahun terakhir masa studi sebagai syarat kelulusan. Di beberapa sekolah tinggi (Hogeschool/University of Applied Scicence), para pelajarnya juga diwajibkan menjalani magang di tahun ketiganya. Sementara bagi pelajar program master, kerja magang di perusahaan bukan hal yang wajib.

Kesempatan kerja magang ini bisa menjadi nilai plus bagi para pelajar. Mereka bisa menerapkan ilmu dan teori yang didapat dari kampus. Perusahaan-perusahaan di Belanda sendiri biasanya menyediakan posisi bagi untuk para pemagang (intern). Standar gaji bulanan pun sudah ditetapkan menurut standar dan kebijakan masing-masing perusahaan.

Dilihat dari sisi perusahaan, program magang ini memudahkan mereka bila mereka benar-benar membutuhkan tambahan karyawan untuk sebuah proyek dalam waktu terbatas. Perusahaan mendapatkan tenaga ahli dengan memberikan upah di bawah standar upah karyawan tetap. (Sebagai informasi, gaji pemagang bervariasi antara 200-800 euro bruto perbulan, tergantung program studi, tipe dan karakteristik perusahaan).

Dari sisi pelajar dan pemagang, tentu mereka bisa menutup pengeluaran untuk kebutuhan sehari-hari dari gaji hasil kerja magang. Namun yang paling berharga tentunya mereka bisa memperluas jaringan profesional dunia kerja. Ketika para pelajar lulus kuliah, dan langsung terjun ke dunia kerja, mereka diharapkan tidak merasa asing dengan kegiatan dan lingkungan kerjanya. Mereka dididik tidak hanya agar matang secara akademis, tetapi juga tanggap pada dinamika perjalanan dan pertumbuhan perusahaan, dan memahami struktur organisasi perusahaan. Nilai ini yang bisa dimanfaatkan oleh perusahaan. Di saat mereka sangat membutuhkan tenaga ahli untuk ditawarkan kontrak kerja, baik temporer ataupun tetap, siapa lagi kandidat nomor satu yang teruji dan bisa mereka percaya selain para pelajar yang pernah menjalani program magang di perusahaan itu?

Namun demikian, tidak semua yang lulus bisa kembali bekerja di perusahaan tempat mereka magang. Karena kesempatan kerja pun tergantung kondisi ekonomi dan kebutuhan perusahaan. Dalam situasi ini, para lulusan dihadapkan pada tantangan baru, berusaha mengirimkan lamaran (melalui pos fisik maupun elektronik), menghadapi tahap-tahap wawancara, dan negosiasi kontrak kerja sebelum mereka diterima sebagai karyawan baru.

Masih banyak lagi pengalaman teman-teman yang mencoba peruntungan di Belanda, baik melalui magang terlebih dahulu ataupun langsung bekerja menjadi researcher. Tetapi dengan ini, semoga dapat memberi gambaran kepada teman-teman bagaimana persaingan mencari kerja di Belanda. Terus usaha dan berdoa adalah kuncinya. Ora et Labora.



Berbekal gelar sarjana dari Teknik Kimia UNDIP, Dr. Hadiyanto berhasil menuntaskan gelar akademiknya sebagai master dan PhD dibidang teknik bioproses dari Wageningen University of Research Center. Yessie Widya Sari (JI) mendapatkan kesempatan berdialog dengan Dr. Hadiyanto yang kini tercatat sebagai dosen di Departemen Teknik Kimia UNDIP, yang juga sempat meniti karir temporer sebagai peneliti post doctoral di dua lembaga, yaitu NIZO Food Research BV, The Netherlands dan grup riset intensifikas proses, TU Delft, the Netherlands

1. Kenapa tertarik meniti karir temporer di NL?
Yang jelas terutama karena saya menempuh pendidikan di sini. Saya rasa adaptasi terhadap culture and society akan lebih mudah kalo kita sudah tinggal di Negara itu sebelumnya. Keinginan untuk ke luar Belanda tentu saja ada akan tetapi saya coba untuk mengetahui the real work atmosphere di Belanda di luar atmosphere pendidikan.

2. Keuntungan apa yg diperoleh ?

Bekerja di level international memberikan keuntungan sendiri terutama dalam international networking. Selain itu tentu saja pengalaman yang sangat berharga bisa bekerja dengan orang-orang yang professional dibidangnya serta memberikan kita kesempatan untuk memperoleh tambahan ilmu, skill, work atmosphere dan pengetahuan lainnya.

3. Susah ga dapetin posisi itu?

Sebenarnya bukan masalah susah atau gampang. Yang terpenting adalah bagaimana kita bisa memilah dan memilih vacancy yang sesuai dengan background dan kemampuan kita. Jika bidang yang diapply sesuai dengan background kita, akan memberikan kemudahan sendiri dalam proses interview. Harus diingat bahwa suatu vacancy juga diapply tidak hanya oleh kita, sehingga nilai plus dari kita diri kita harus ditunjukkan.

4. Apa saja modal yang diperlukan?

Modal yang diperlukan tentu saja background pendidikan kita, Unique Selling Point atau keunggulan kita, rasa kepercayaan diri dan mudah adaptasi dengan lingkungan baru, oh ya tentu saja kemampuan bahasa merupakan hal penting lainnya untuk dipertimbangkan.

5. Sejauh mana status alumni luar negeri (Belanda) mempengaruhi kemudahan mendapatkan posisi tersebut?

Menurut saya, suatu company di Belanda dalam mendapatkan seorang employee tentu akan mencari dari perguruan tinggi di negaranya sendiri terlebih dahulu. Saya rasa hal ini wajar, karena mereka akan memilih seseorang dengan kultur dan pola pendidikan yang sama. Akan tetapi bagusnya disini adalah bahwa suatu job vacancy harus diiklankan terlebih dahulu dalam suatu media misalnya academic transfer.org, monsterboard.nl, werk.nl sehingga benera-benar fair dalam seleksinya.

6. Bagaimana pula probability alumni dalam negeri(Indonesia) utk dapetin hal serupa?

Probability tentu saja ada. Banyak juga alumni luar belanda bisa survive di sini, tetapi kembali berpulang pada background pendidikan, skill , unique selling point yang bisa kita tawarkan kepada company atau instansi di Belanda.

7. Bisa berbagi kunci suksesnya?

Intinya menguasai materi kita itu sangat penting, akan tetapi akan lebih menguntungkan lagi kalau kita menggabungkan dengan skill dan pengetahuan lainnya misalnya networking sebanyak-banyaknya pengetahuan kultur dan budaya dimana anda tinggal ,dsb.

8. Lalu adakah manfaatnya buat indo?

Tentu saja. Jika kita kembali ke Indonesia dengan modal pendidikan dan pengalaman kerja yang berbeda, maka Insyaallah ini akan sangat bermanfaat untuk instansi kita secara langsung maupun bagi Indonesia secara umum. Tetapi kembali hal ini akan dipengaruhi lagi oleh kondisi fasilitas dan lingkungan kerja di Indonesia.

9. Tertarik buat merubah status temporer jadi permanen staf di luar negeri?

Mengambil keputusan permanen status merupakan suatu keputusan yang harus di pikirkan secara komprehensif. Saat ini posisi saya belum memungkinkan untuk itu.




*** Yasmin Soraya, Bayu Prasetya, Shindi Indira, Yessie Widya Sari***

3 komentar:

  1. Assalamu alaikum warohmatullahi wabarakatu.
    Saya ingin berbagi cerita siapa tau bermanfaat kepada anda bahwa saya ini seorang TKI dari johor bahru (malaysia) dan secara tidak sengaja saya buka internet dan saya melihat komentar bpk hilary joseph yg dari hongkong tentan MBAH WIRANG yg telah membantu dia menjadi sukses dan akhirnya saya juga mencoba menghubungi beliau dan alhamdulillah beliau mau membantu saya untuk memberikan nomer toto 6D dr hasil ritual beliau. dan alhamdulillah itu betul-betul terbukti tembus dan menang RM.457.000 Ringgit selama 3X putaran beliau membantu saya, saya tidak menyanka kalau saya sudah bisa sesukses ini dan ini semua berkat bantuan MBAH WIRANG,saya yang dulunya bukan siapa-siapa bahkan saya juga selalu dihina orang dan alhamdulillah kini sekaran saya sudah punya segalanya,itu semua atas bantuan beliau.Saya sangat berterimakasih banyak kepada MBAH WIRANG atas bantuan nomer togel Nya. Bagi anda yg butuh nomer togel mulai (3D/4D/5D/6D) jangan ragu atau maluh segera hubungi MBAH WIRANG di hendpone (+6282346667564) & (082346667564) insya allah beliau akan membantu anda seperti saya...





    BalasHapus
  2. Mohon maaf jika postingan ini menyinggung perasaan anda semua tapi saya hanya mau menceritakan pengalaman pribadi saya yang mengubah kehidupan saya menjadi sukses. Perkenalkan terlebih dahulu saya Sri Wahyuni biasa di panggil Mba Sri, TKI tinggal di kota Pontian johor Malaysia,Saya berprofesi sebagai pembantu rumah tangga, tapi saya tidak menyerah dengan keadaan saya, tetap ikhtiar.
    pengen pulang ke indonesia tapi gak ada ongkos pulang. sempat saya putus asa,gaji pun selalu di kirim ke indonesia untuk biaya anak sekolah,sedangkan hutang banyak, kebetulan teman saya buka-buka internet mendapatkan nomor hp Mbah Suro (+6282354640471) katanya bisa bantu orang melunasi hutang melalui jalan togel dengan keadaan susah jadi saya coba beranikan diri hubungi dan berkenalan dengan beliau Mbah Suro, Dan saya menceritakan keadaan saya.Beliau menyarankan untuk mengatasi masalah perekonomian saya,baiknya melalui jalan togel saja.Dan angka yang di berikan beneran tembus ,4607 dan saya dapat 275 juta alhamdulillah terima kasih banyak ya allah atas semua rerjekimu ini. walaupun ini melalui togel


    BalasHapus
  3. kisah cerita saya awal jadi TKI

    Disini saya akan bercerita kisah sukses yang menjadi kenyataan mimpi Beliau.
    KEGIATAN SEBELUM MENGIKUTI PROGRAM.
    Seperti para pemuda umumnya dan dengan kondisi ekonomi Keluarga saya yang pas-pasan saya ikut merasa prihatin dan menghendaki adanya perubahan ekonomi dalam keluarga saya. Saya lahir di salah satu kampung terpencil di kota surabaya jawa timur, dimana struktur tanah tempat kelahiran dia adalah pegunungan dengan mata pencaharian masyarakat sekitar petani dan beternak. Pengorbanan keluarga yang selama mendidik, membina dan membiayai hidup saya selama ini tak cukup hanya sekedar saya mengikuti jejak orang tua saya menjadi petani, saya harus membuktikan kepada keluarga untuk menjadi yang terbaik, tetapi dimana dan bagaimana? Sisi lain saya tau saya hanya lulusan SLTA sedangkan lowongan pekerjaan hanya diperuntukan bagi lulusan Diploma dan Strata 1.
    Pada pertengahan tahun 2016 saya bertemu dengan seorang teman lama di Jalan Raya waru sidoarjo. Dia memperkenalkan saya dengan salah satu pejabat BNP2TKI PUSAT, Beliau adalah KPL DEPUTI BIDANG PENEMPATAN BNP2TKI, DRS. AGUSDIN SUBIANTORO. Alamat BNP2TKI Jalan MT Haryono Kav 52, Pancoran, Jakarta Selatan 12770.
    Saya diberikan No Kontak Hp Beliau, dan saya mencoba menghubungi tepat jam 4 sore, singkat cerita saya’pun menyampaikan maksud tujuan saya, bahwa sudah lama saya mengimpikan bisa bekerja di japang. Beliaupun menyampaikan siap membantu dengan bisa meluluskan dengan beberapa prosedur , saya rasa prosedur itu tidak terlalu membebani saya. Dari sinilah saya menyetujui nya, yang sangat membuat Aku bersyukur adalah bahwa saya diminta melengkapi berkas untuk saya kirim ke kantor beliau dan sayapun disuruh menyiapkan biaya pengurusan murni sebesar Rp. 22.500.000. Inilah puncak kebahagiaan saya yang akhirnya saya bisa menginjakkan kaki di negeri sakura japang.
    Akhirnya saya mendapat panggilan untuk ke jakarta untuk dibinah selama 2 minggu lamanya, saya hanya diajarkan DASAR berbahasa japang. Makna yang terkandung di dalam’nya sangat luar biasa dirasakan oleh saya, tanggung jawab, disiplin, berani dan sebagainya merubah total karakter saya yang dulu cengeng dan kekanak-kanakan, walau kadangkala saya masih belum begitu yakin apakah dia bisa berangkat Ke Jepang dengan baik, akhirnya saya mendapat Contrak kerja selama 3 tahun lamanya di bidang industri.
    Rasa pasrah dan khawatir menghinggapi saya saat itu, seorang anak kampung berangkat ke Jepang dengan menggunakan pesawat terbang yang sebelum belum pernah saya rasakan sebelumnya. Jangankan naik di atas pesawat melihat dari dekatpun saya belum pernah sama sekali.Di Bandara Soekarno Hatta kami di temani oleh petugas Depnakertrans dan IMM Japan untuk melepas keberangkatan saya, rasa haru dan air mata sedih berlinang di pipih saya pada saat saya di izinkan prtugas untuk pamit kepada keluarga yang kebetulan saya diantar oleh paman di jakarta, kami saling berpelukan dan mohon salam dan restu dari orang tua dan keluarga.
    MASA MENGIKUTI PROGRAM KEBERANGKATAN DI JEPANG.
    Setibanya di NARITA AIRPORT Jepang, saya dijemput oleh petugas IMM Japan yang ada di sana, dan dia diantar ke Training Centre Yatsuka Saitama-ken untuk mengikuti pembekalan sebelum di lepas ke perusahaan penerima magang di Jepang. jika anda ingin seperti saya anda bisa, Hubungi Bpk deputy Bidan pempatan BNP2TKI, DRS. AGUSDIN SUBIANTORO ini No Contak HP pribadi Beliau: 0823-5240-6469 siapa tahu beliau masih bisa membantu anda untuk mewujudkan impian anda menjadi Kenyataan.

    BalasHapus